Jumat, 23 Januari 2015

Peternakan trigona/tawon klanceng Sambas


Salah satu obat herbal yang lagi naik daun saat ini adalah propolisPropolis diketahui mempunyai banyak manfaat dalam proses penyembuhan penyakit. Berbagai jenis penyakit dapat disembuhkan dengan propolis baik sakit ringan hingga penyakit mematikan termasuk kanker. Propolis berasal dari bahasa Yunani yang artinya benteng pertahanan kota. Propolis adalah salah satu bahan dari hasil produksi lebah selain madu.Propolis dikumpulkan dari pucuk-pucuk tanaman yang kemudian dinamakan lem lebah. 


Ternyata peradaban manusia sudah berabad-abad mengetahui tentang manfaat propolis sebagai panacea atau obat dari segala penyakit. Termasuk majalah Trubus dalam beberapa penerbitan mengulas tentang kehebatanpropolis sebagai obat yang sangat manjur.

Bangsa Yunani kuno termasuk bangsa yang pertama kali beternak lebah untuk pengobatan. Mereka pada tahun 400 sm sudah mengembangkan lebah untuk diambil manfaatnya selain madu adalah juga propolis. Selain bangsa Yunani kuno juga bangsa Mesir kuno sudah mengenal zatpropolis sebagai obat untuk segala penyakit.


Saat ini setelah cerita kehebatan propolis terkubur oleh waktu,propolis kembali diangkat kedalam dunia pengobatan sebagai salah satu obat herbal yang tidak diragukan lagi keampuhannya karena sudah teruji oleh waktu.

Kini banyak produsen yang memproduksi propolis ini dalam berbagai merk dan bentuk. Selain diusahakan oleh perusahaan besar, propolis juga diusahakan oleh para peternak kecil yang sudah tahu propolis dapat mendatangkan profit yang menguntungkan.

Khusus untuk produksi propolis dikenal ada beberapa jenis lebah yang dapat dibudidayakan, namun salah satu lebah yang dianggap paling cocok sebagai penghasil propolis adalah lebah dari jenis trigona spp. Lebah trigona ini dikenal asli endemik Asia yang biasa tinggal dihutan dan menghasilkan madu yang berasa asam.

Kenapa lebah trigona cocok sebagai lebah penghasil propolis karena lebah ini tidak perlu dipelihara karena terbiasa hidup dialam bebas, tidak perlu digembala karena lebah trigona tidak membutuhkan nektar & polen tanaman ia hanya membutuhkan getah tanaman yang sepanjang waktu tersedia, tidak perlu takut disengat karena lebah ini tidak mempunyai sengat, kemudahan mengembangkan koloni karena sangat mudah pemeliharaannya, lebih tinggi produksi propolisnya karena ia tidak banyak menghasilkan madu melainkanpropolis, lebih tahan penyakit dan hama karena sedikit menghasilkan madu maka tidak diincar predator untuk diambil madunya, produksi sepanjang waktu karena untuk menghasilkan propolis membutuhkan getah tanaman dimana getah itu dapat ditemukan dalam batang pohon sepanjang tahun.
Keuntungan bisnis produksi propolis dari beternak lebah trigona.
·         Modal kecil
Beternak trigona tidak membutuhkan modal besar hanya modal penyediaan belahan bambu sebagai sarang lebah dan keuntungan lainnya lebah ini tidak rewel termasuk tidak perlu menggembala lebah pada saat paceklik nektar dan polen tanaman 

·         Resiko
Kecil resiko kecil khususnya ancaman predator lebah trigona termasuk perginya lebah dari sarang yang kita sediakan.

·         Keuntungan tinggi
Bila hasil produksi lebah dalam bentuk madu dihargai Rp 150.000,-  sampai  200.000,- per kg.

 Raw propolis dihargai berlipat-lipat antara Rp 250.000 – Rp 400.000 perkilonya.

Bagi yang berminat ingin membeli madu trigona asli dan  raw propolis murni dari peternakan kami di Sambas kalbar 

bisa hubungi kami di no. HP  082149868686 ( Bpk . Asep Carsan )

Alamat : Toko Millenium, Jl.Gusti Hamzah No.216 Pasar Melayu .Kec.Sambas .Kalbar 79411

Tidak ada komentar:

Posting Komentar